Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik merupakan bagian dari Fakultas yang lahir dari Fakultas Ekonomi awalnya Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik hanya memiliki satu Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Program studi ini mulai dioperasionalkan sejak tahun 2006 - 2010, awal mulanya masih bergabung dengan program studi yang lain dibentuk salah satu fakultas yang namanya Fakultas Ekonomi dan Sosial. 

Tahun 2010 sejak penegrian Universitas Musamus maka terbitlah SK pendirian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Fakultas ini mengahasilkan satu program studi dan telah menghasilkan lulusan sebanyak 23 orang mahasiswa, dan sampai saat ini jumlah mahasiswa yang masih aktif kuliah sebanyak  955 orang mahasiswa strata satu (S1) dengan jumlah tenaga dosen sebanyak 18 orang yang terdiri dari: dosen tetap ada 17 orang dan jumlah dosen tidak tetap ada 1 orang.

Pada tahun 2020 dibentuknya program studi pascasarjana Administrasi Publik (S2) dengan gelar Magister Administrasi publik (M.A.P). Jumlah tenaga pengajar saat ini 7 orang dengan gelar Doktor, memiliki 6 orang Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik.

Visi


“Pada tahun  2026  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Menjadi Good Faculty Governance, dan unggul dalam Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian yang mampu mengelola Sumber Daya Alam melalui  Pemanfaatan Teknologi Informasi secara Mandiri dan Kreatif di Kawasan Regional Timur berbasis kearifan lokal.”


Misi

  1. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang unggul  dalam Pengelolaan SDA dan pemanfaatan Teknologi Informasi secara Mandiri dan Kreatif di Kawasan Regional Timur berbasis kearifan lokal.yang mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Sivitas Akademika)
  2. Mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Dosen dan Tenaga Kependidikan dalam sistem Good Faculty Governance yang berkompetensi dalam mendukung pengembangan keilmuan, dan pengelolaan Fakultas.
  3. Menghasilkan kajian-kajian Administrasi Publik, kebijakan publik dan manajemen pelayanan publik yang mendukung pembangunan daerah perbatasan berbasis pada kearifan lokal.
  4. Mengembangkan jejaring kerjasama nasional dan internasional

 

Tujuan
Tujuan Umum :
Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan,maka tujuan Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Musamus  yaitu untuk: “Mendidik dan menciptakan SDM (Dosen dan Tenaga Kependidikan) dan lulusan yang Pancasilais, berintegritas, tanggap, handal serta mampu memanfaatkan Teknologi Informasi”.

Tujuan Khusus:
Tujuan khusus yang tertuang dalam sasaran  FakultasIlmu  Sosial  &Ilmu  Politik  UNMUS  adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang berkarakterdan menguasai IPTEK yang berdampak bagi masyarakat.
  2. Manghasilkan lulusan handal dalam bidang administrasi publik, kebijakan publik , manajemen pelayanan publik,pembangunan sosial dan sosiologisesuai dengan kebutuhan dunia kerja
  3. Mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Dosen yang mendukung pengembangan ilmu sosial politik melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis kearifan lokal, dan pengelolaan SDA dengan memanfaatkan Teknologi Informasi, yang dipublikasikan dan terintegrasi  dengan  kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkembangkan pada kehidupan masyarakat.
  4. Mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Tenaga Kependidikan yang berkompetensi  mendukung sistem Good Faculty Governance.
  5. Mengembangkan jejaring kerjasama guna meningkatkan mutu pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menyelenggarakan 2 Program Studi sebagai berikut:

No Program Studi Jenjang Ijin Operasional
 1 Program Studi Administrasi Negara S1 243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011
 2 Program Studi Magister Administrasi Publik S2 71/M/2020 Tanggal 23 Januari 2020

Program Studi Administrasi Negara

Visi

Menghasilkan lulusan sarjana sosial dalam bidang Administrasi Negara yang memiliki keunggulan khususnya dalam analisis kebijakan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran Ilmu Administrasi Negara.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang dapat mendukung kemajuan pendidikan dan pembelajaran.
  3. Menerapkembangkan IPTEKS Ilmu Administrasi Negara khususnya dalam pemberdayaan masyarakat.

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Jurusan/Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNMUS adalah untuk:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana sosial yang memiliki kompetensi tinggi bidang Ilmu Administrasi Negara dan berjiwa enterpreneurship yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.
  2. Menghasilkan karya-karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada kajian kebijakan publik.

Subcategories

Subcategories