Kuiah Umum Kuliah Umum Fisip
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Read more ...

Upacara Bendera
17 Agustus

Latihan Kepemimipanan I Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Musamus

Latihankepemimpinan merupakan kegiatan yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa pada jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Musamus. Selain itu LK adalah salah satu syarat untuk mahasiswa akhir yang akan menyelesaikan Skripsi, mahasiswa yang telah berhasil mengikuti LK akan diberikan piagam dan sertifikat.

 

Dalam rangka peringatan hari Kartini tahun 2019, BEM Jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Musamus

menggelar Kuliah Umum dengan tema “Perempuan dan Literasi, Serta Peran Perempuan dalam Mewujudkan Smart University”. Dengan narasumber Kepala Puslitbang Gender Universitas Hasanudin Makassar, Prof. Dr. Rabina Yunus, M.Si.

           Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 April 2019 di gedung PKM Unmusyang dihadiri oleh dosen di lingkungan Unmus dan mahasiswa dari Jurusan Ilmu Admnistrasi Negara serta beberapa jurusan lainnya yang ada di Unmus.

 

Acara ini diselenggarakan untuk membangkitkan semangat dan cita-cita Kartini dalam mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan sehingga menjadi sejajar dengan kaum lelaki.Dalam sambutannya ketika membuka acara, Warek III Unmus, Yosehi Mekiuw, SP, M.Sc.menyampaikan bahwa Unmus telah memiliki prestasi yang baik walaupun lembaga ini adalah universitas negeri yang relatif baru seperti telah mencapai peringkat ke-72 di SINTA. Sehubungan dengan tema kegiatan, kaum perempuan di Unmus terbukti sudah mampu bersaing dengan kaum pria karena 60 % pimpinan Unmus adalah perempuan.

 

Acara kuliah umum ini dimoderatori oleh Dekan FISIP, Dr. Fitriani, M.Si. Menurut Prof. Rabina, perempuan merupakan pendidik yang utama karena sejak janin dalam rahimnya, seorang ibu telah mengajarkan hal-hal yang baik kepada bayi yang ada dikandungannya, bahkan seorang ibu sudah dapat disejajarkan dengan seorang doktor, disebabkan seorang ibu tentu memahami tantang ilmu manajemen, matematika, kesehatan, gizi, agama, prikologi, hukum, tata boga dan tata busana. Itulah sebabnya peran seorang perempuan tentu sangat besar, baik dalam keluarga maupun masyarakat.

Setelah pemaparan materi, kegiatan perkuliaan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan dipenghujung acara dilakukan foto bersama.

Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2017 yang dilaksanakan pada hari Selasa, 02 Mei 2017 di lapangan PKM Universitas Musamus dengan khidmat. Para peserta upacara adalah para pimpinan, dosen, tenaga kependidikan serta mahasiswa/i di lingkungan Universitas Musamus. 

Dr. Samel W. Ririhena, M.Si. sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) dalam rangka memperinganti Hardiknas Tahun 2017.  Sambutan Menristekdikti menekankan bahwa Upacara Hardiknas tidak hanya diperingati untuk mengenang jasa perjuangan dan jasa besar Ki Hajar Dewantara tetapi harus dijadikan momentum sekaligus refleksi dari berbagai upaya yang dilakukan untuk melaksanakan berbagai program untuk memajukan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Tema Hardiknas Tahun 2017 di lingkungan Perguruan Tinggi adalah "Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi untuk mendukung Pertumbuhan Ekonomi". Hal ini dimaksud untuk menekankan bahwa Perguruan Tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi agar memperhatikan dampak dari aktivitas Perguruan Tinggi terhadap pengembangan ekonomi,  terutama di daerahnya. Dengan kata lain Perguruan Tinggi dapat menempatkan dirinya sebagai agent of economic development di samping sebagai agent of education dan agent of research and development.

Pengumuman